Tunas Baru Lampung (TBLA) agendakan ekspansi sejumlah pabrik di tahun depan

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA) semakin gencar mengembangkan bisnisnya di tempat sawit dan gula rafinasi. Di tahun depan ada sejumlah pabrik anyar TBLA yang diproyeksikan akan rampung.  

Sekretaris Perusahaan TBLA, Hardy mengatakan rencana ekspansi TBLA di tahun depan adalah kilang refined glycerine 120 PTD  dan pabrik Re-esterifikasi PFAD 110 TPD  yang estimasinya masuk tahap commisioning di akhir kuartal I 2021. Sedangkan untuk pabrik biodiesel satu. 500 TPD dan refinery dua. 500 TPD estimasi selesai dalam kuartal IV 2021. Keempat kilang ini berlokasi di Way-Lunik, Lampung.  

“Perusahaan menyiapkan capex kurang lebih Rp 340 miliar yang sumber dananya kombinasi dari kas internal dan pinjaman bank, ” jelasnya kepada Kontan. co. id, Jumat (18/12).  

Hardy mengatakan  TBLA akan terus mengembangkan bisnis sawit dan gula karena merupakan produk konsumsi sehingga terus dibutuhkan sebab masyarakat. Kendati sudah melihat daya bisnis, Hardy belum bisa buka-bukaan soal target penjualan di tarikh depan. “Target tahun 2021 harusnya lebih baik dari 2020, ” kata Hardy.  

Baca Juga: Corak perbaikan pendapatan emiten sawit beraneka macam, simak penjelasan analis

Di sepanjang sembilan bulan tahun ini, TBLA mencatatkan penjualan senilai Rp 8, 07 triliun atau tumbuh 27% yoy. Naiknya penjualan ini disebabkan oleh naiknya volume dan harga jual buatan TBLA yakni olein, FAME, gula, Glycerine, Margarine, dan sabun.  

Penjualan ke lokal masih menguasai atau 88% berkontribusi ke pemasaran TBLA hingga akhir September 2020 atau setara dengan Rp 7, 07 triliun. Sisanya penjualan ekspor senilai Rp 991, 4 miliar.   Kalau melihat komposisi usaha dari produk yang dijual, segmen bisnis sawit dan turunannya berkontribusi 69% ke penjualan TBLA ataupun senilai Rp 5, 57 triliun. Adapun produk gula dan turunannya berkontribusi 31% atau setara Rp 2, 49 triliun.    

Kendati mencatatkan pertumbuhan penjualan, TBLA mencatatkan penurunan laba bersih tenggat 19% yoy atau menjadi Rp 405 miliar akibat kerugian selisih kurs.  

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Pertolongan Anda akan menambah semangat ana untuk menyajikan artikel-artikel yang bernas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai infak yang bisa digunakan berbelanja dalam KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
EMITEN

gong9deng –>