Tersebut perbedaan vaksin mandiri secara vaksinasi prioritas pemerintah

Sumber: Kompas. com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

LANGSUNG. CO. ID –  JAKARTA. Aturan mengenai vaksinasi sendiri atau yang disebut dengan vaksinasi gotong royong telah resmi dirilis pemerintah.  

Vaksinasi gotong royong tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.  

Lantas, apa bedanya vaksin gotong royong dengan vaksin program preferensi pemerintah?

Beda vaksin sendiri dan prioritas 

Peserta vaksianasi 

Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa vaksin gotong royong merupakan vaksinasi kepada pekerja atau karyawati, keluarga & individu lain terkait di dalam keluarga yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum atau badan jalan.  

Artinya, pemerintah tak ikut menanggung barang bawaan pendanaan vaksin gotong royong, berbeda dari vaksin kalender pemerintah.  

Disebutkan pula, penerima suntikan vaksin gotong tidak dipungut imbalan atau gratis, sesuai sebutan Pasal 3 ayat (5).  

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 untuk lansia pakai sistem drive thru, simak informasinya

Jenis vaksin 

Pemerintah juga mengambil jenis vaksin yang digunakan dalam vaksinasi gotong royong berbeda dengan jenis vaksin program pemerintah.

Ahli Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan, macam vaksin yang bisa dimanfaatkan dalam vaksinasi gotong royong adalah di luar empat vaksin program pemerintah.  

Menyuarakan Juga: Kemenkeu mulai vaksinasi Covid-19, periode pertama berlangsung 1-5 Maret 2021

“Jenis vaksin gotong royong tidak akan memakai vaksin Sinovac, vaksin AstraZeneca, vaksin Novavax, dan vaksin Pfizer, ” kata Nadia dalam konferensi pers vaksinasi gotong royong melalui kanal YouTube Lawan Covid19 ID, Jumat (26/2/2021).  

“Sehingga kita bisa menguatkan tidak akan ada kebocoran vaksin tersebut yang akan digunakan untuk vaksin mengangkat royong, ” jelasnya.  

Untuk vaksinasi gotong royong, jenis vaksin dengan digunakan harus mendapat persetujuan pengguna pada masa kritis (EUA) atau penerbitan nomor izin edar (NIE) sejak Badan Pengawas Obat serta Makanan (BPOM).  

DONASI, Dapat Voucer Percuma!
Dukungan Anda bakal menambah semangat kami buat menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih berasaskan perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi dengan bisa digunakan berbelanja dalam KONTAN Store.

. bg-color-linkedin background-color: #0072b1;

<! —

–> <! —

Video Pilihan gong9deng –>
<! —

VAKSIN CORONA

gong9deng –>