Sokong tenggat waktu 30 hari, Trump ancam pembekuan permanen pendanaan WHO

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID –  WASHINGTON. Presiden AS Donald Trump mengancam pada hari Senin (18/5/2020) pembekuan pendanaan secara tetap kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal ini akan dilakukan bila WHO tidak berkomitmen melakukan pembaruan dalam waktu 30 hari. Trump juga mempertimbangkan kembali keanggotaan Amerika Serikat dalam organisasi internasional itu.

Melansir Reuters , Trump menangguhkan kontribusi AS untuk WHO bulan lalu, dengan menduga WHO menyebarkan informasi yang memutar tentang wabah virus corona pada China, meskipun pejabat WHO menengkari tuduhan itu. China sendiri mengucapkan sudah transparan dan terbuka terpaut hal tersebut.

“Jika WHO tidak berkomitmen untuk perbaikan substantif luhur dalam 30 hari ke aliran, saya akan membuat pembekuan sementara menjadi pembekuan permanen dan mengingat kembali keanggotaan kami, ” kata pendahuluan Trump kepada pemimpinnya, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam sebuah surat dengan diposting di Twitter.

Baca Juga: Corona di Amerika: Kasus positif lampaui 1, 5 juta, angka maut 90. 000

Sebelumnya, Trump mengatakan WHO sudah melakukan pekerjaan yang sangat menyentuh dalam penanganan virus corona. Itu sebabnya dia akan segera membina keputusan tentang pendanaan AS.

Di dalam suratnya, Trump mengatakan satu-satunya hidup ke depan bagi badan tersebut adalah jika WHO dapat menunjukkan pihaknya bebas dari tekanan China. Dia juga  menambahkan bahwa pemerintahannya telah memulai diskusi reformasi secara Tedros.

Baca Serupa: AS serang WHO: Gagal dalam penanganan pandemi, corona memakan banyak nyawa

Pada hari Senin, WHO mengatakan peninjauan independen terhadap simpulan virus global akan dimulai sesegera mungkin dalam hal asal pokok pandemi. WHO juga telah menyambut dukungan dan janji dana dengan besar dari China.

WHO yang berbasis di Jenewa, sebuah institusi khusus AS, memimpin inisiatif ijmal untuk mengembangkan vaksin, tes, serta obat yang aman dan efektif untuk mencegah, mendiagnosis, dan mengobati Covid-19.

Menurut penghitungan Reuters, bertambah dari 4, 75 juta orang dilaporkan telah terinfeksi secara global dan 314. 414 telah meninggal.

Baca Juga: Indonesia dan 61 negara dorong penyelidikan corona, China marah

Amerika Konsorsium telah menyumbang lebih dari US$ 400 juta kepada WHO dalam tahun 2019, atau sekitar 15% dari anggaran organisasi.

Dan tarikh ini, Washington telah membayar pada WHO sekitar US$ 58 juta, pejabat senior administrasi Trump mengatakan bulan lalu, setengah dari total yang harus dibayar untuk tahun 2020 – yang dikenal sebagai kontribusi yang dinilai.

Baca Juga: Kepala Xi: China dukung evaluasi respons global terhadap corona oleh WHO

Amerika Konsorsium secara tradisional menyediakan beberapa ratus juta dolar setiap tahun di pendanaan sukarela yang terkait secara program-program spesifik WHO seperti pemberantasan polio, penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, HIV dan hepatitis, tuberkulosis, kesehatan ibu, bayi baru lahir, anak dan remaja.

Tak jelas berapa banyak dana sukarela yang telah disediakan Amerika Konsorsium untuk program-program WHO pada tahun 2020.


–> Video Pilihan gong20deng –>
WHO

gong20deng –>