Situ panas, Erdogan: Jika ada yang mau menerima akibatnya, silakan hadapi kami

Sumber: Reuters | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID –  ISTANBUL. Presiden Tayyip Erdogan menegaskan, Turki bertekad untuk melakukan barang apa pun yang diperlukan untuk memperoleh haknya di Laut Hitam, Aegea, dan Mediterania.

“Kami tidak bakal berkompromi atas apa yang menjadi milik kami. Kami bertekad buat melakukan apa pun yang diperlukan, ” tegas Erdogan, Rabu (26/8), seperti dikutip Reuters.

Pernyataan Erdogan sehari setelah Menteri Luar Negeri Jerman berupaya meredakan ketegangan antara Turki dan Yunani dalam perselisihan mereka atas kendali di perairan Mediterania Timur.

Baca Serupa: Turki dan Yunani berpotensi lakukan konfrontasi militer, Jerman serukan perundingan

Berbicara di sebuah acara memperingati kemenangan militer abad ke-11 oleh Seljuk Turki atas kekaisaran Bizantium di Malazgirt, Erdogan juga meminta rekan-rekan Ankara untuk menghindari kealpaan yang menurutnya akan membawa kebobrokan mereka.

Ketegangan antara Turki serta Yunani meningkat setelah Ankara mengirim kapal survei Oruc Reis ke perairan Mediterania Timur yang disengketakan bulan ini, tindakan yang Athena sebut ilegal.

Turki dan Yunani, sekutu NATO, sangat tidak akur atas klaim atas sumber daya hidrokarbon di daerah tersebut bersandarkan pandangan yang bertentangan tentang sejauh mana landas kontinen mereka pada perairan yang sebagian besar dihiasi dengan pulau-pulau Yunani.

Baca Juga: Turki bakal murka, Prancis gabung secara latihan militer Yunani, Siprus, dan Italia

“Jika ada orang yang mau menerima  akibatnya, mereka dipersilakan untuk menghadapi kami. Jika tidak, maka itu harus pergi agar kami bisa menangani urusan kami sendiri, ” kata Erdogan.

Mediterania Timur berubah menjadi area ketegangan


–> Video Pilihan gong13deng –>
TURKI

gong13deng –>