Sebesar negara Barat tarik semua duta dari Korea Utara, ada barang apa?

Sumber: Reuters | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID –  STOCKHOLM. Swedia telah menarik sementara semua diplomatnya dari Korea Utara, di mana kedutaannya juga mewakili hajat Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lain, sebagian karena perkara yang terkait pandemi virus corona baru.

Sebagian besar negara Barat lainnya yang memiliki hubungan diplomatik dengan Pyongyang, termasuk Jerman, Inggris, dan Prancis, telah menarik pekerja untuk sementara waktu, dengan dalil kesulitan merotasi diplomat dan membawa pasokan selama pandemi.

Swedia antara asing bertindak sebagai perwakilan konsulat  GANDAR, Australia, dan Kanada di Korea Utara. Kementerian Luar Negeri Swedia mengatakan, kedutaan besarnya di Pyongyang tetap buka dan dikelola sebab karyawan lokal.

Menyuarakan Juga: Risiko virus corona stabil, Kim Jong Un cabut penguncian di Kaesong

“Apa yang berlaku adalah kami telah merelokasi diplomat kami, baik karena liburan atau rotasi, ” kata seorang spesialis bicara Kementerian Luar Negeri Swedia, Selasa (18/8), yang menambahkan, situasinya hanya sementara.

“Tapi tentu saja, situasinya semakin sulit akibat antara lain Covid-19, ” ujarnya minus memerinci lebih lanjut seperti dikutip Reuters .

Korea Utara menyatakan, tidak memiliki kasus virus corona terkonfirmasi, tetapi sudah mengambil tindakan signifikan untuk menyekat penyebaran penyakit Covid-19. Termasuk, menerapkan penguncian ketat di Kota Kaesong belum lama ini.

Pada Januari lalu, Korea Utara menutup perbatasannya sepenuhnya, membatalkan sebagian besar servis penerbangan dan keretaapi, dan memerintahkan penduduk asing untuk menjalani karantina lebih dari sebulan.

Baca Juga: Hampir 60% penduduk Korea Utara mengambil kesulitan pangan, salah yang terburuk di Asia


–> Video Pilihan gong17deng –>
KOREA UTARA

gong17deng –>