Perkakas Meditama dapat persetujuan rights issue, ini rencana penggunaan dananya

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . PT Tumpuan Meditama Metropolitan Tbk (SAME) sudah mendapat persetujuan atas rencana perseroan untuk melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD/rights issue) kepada para-para pemegang saham Perseroan melalui metode penawaran umum terbatas dengan HMETD.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Senin (11/1), pemilik Omni Hospitals ini menimbulkan sebanyak-banyaknya 6 miliar saham hangat dengan nilai nominal Rp 20 per lembar saham.

Dana itu rencananya akan digunakan oleh Perseroan untuk melunasi sebagian pokok serta bunga serta biaya pinjaman Perseroan dan afiliasi Perseroan kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. “Sisanya akan digunakan Perseroan untuk keperluan modal kerja dan investasi oleh Perseroan dan/atau entitas anak, ” tulis Manajemen SAME, Senin (14/1).

Setelah adanya transaksi itu, porsi kepemilikan saham EMTEK Grup akan meningkat menjadi 10, 24 miliar saham dari sebelumnya 4, 24 miliar saham, atau terangkat menjadi 86, 06% dari sebelumnya 71, 88%. Sedangkan, sisanya adalah pemegang saham publik sebesar 13, 94%.

Baca Juga: Aksi Korporasi Memoles Saham Grup Elang Mahkota (EMTK)

Berdasarkan Tulisan Pernyataan Kesanggupan dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) tertanggal 7 Januari 2021, EMTK piawai untuk melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya sesuai porsi arah kepemilikan saham sebanyak-banyak sebesar 71, 88% dari modal ditempatkan serta disetor penuh Perseroan.

Apabila Saham Baru yang ditawarkan dalam Permintaan umum terbatas ini tidak seluruhnya diambil atau dibeli oleh Pemegang Saham Perseroan atau pemegang HMETD yang melakukan pemesanan lebih sebab haknya, maka sisa saham baru wajib dibeli oleh Pembeli Siaga yang bertindak sebagai Pembeli Siaga berdasarkan Akta Perjanjian Pembelian Abu Saham Dalam

Rangka Penawaran Umum Terbatas I SAME Nomor enam, antara Perseroan dan EMTK. Sebelumnya, dalam pengumuman yang disampaikan, emiten pemilik stasiun televisi SCTV, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) mengakuisisi 71, 88% saham emiten pengelola rumah sakit Omni Hospitals, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME).

Transaksi tersebut dilaksanakan di Senin, 30 November 2020 pada mana Grup Emtek membeli 4, 24 miliar saham SAME secara harga Rp 137 per saham. Sehingga, dari akuisis ini, EMTK menggelontorkan dana sebesar Rp 581, 01 miliar.

Dengan selesainya Akuisisi tersebut, EMTEK memiliki 4. 241. 000. 000 saham yang mewakili 71, 88% dari seluruh bagian yang ditempatkan dan disetor sempurna dalam SAME.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Sokongan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berisi dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai sedekah yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

. bg-color-linkedin background-color: #0072b1;

<! —

–> <! —

Video Pilihan gong9deng –>
<! —

KINERJA EMITEN

gong9deng –>