Pemilik merek Pizza Hut dikabarkan bangkrut, siapa bilang?

Sumber: Kompas. com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID semrawut NEW YORK. Beberapa hari terakhir, ramai diberitakan pemilik restoran Pizza Hut di Amerika Serikat (AS) dikabarkan mengajukan perlindungan kebangkrutan. Banyaknya restoran yang kudu ditutup selama pandemi virus corona menjadi salah satu pemicunya.

Asal tahu saja, perusahaan pemilik merek Pizza Hut, Yum! Brand Inc, masih dalam kondisi yang segar. Sementara, perusahaan yang terancam berantakan adalah NPC International. NPC International merupakan salah satu pemegang hak waralaba Pizza Hut di AS (franchisee). Sementara, pemilik hak waralaba atau franchisor Pizza Hut di seluruh dunia adalah Yum! Brands Inc. Hubungan Yum! Brands serta NPC International yakni sebatas kemitraan waralaba.

Baca Pula: Laba Sarimelati Emas (PZZA) turun hingga 84, 94% di kuartal I 2020

Dikutip dari laman resminya, Minggu (5/7/2020), Yum Brand! diketahui memiliki sejumlah merek waralaba lain selain Pizza Hut antaralain KFC, Taco Bell, WingStreet, serta The Habit Burger Grill. Mengucapkan juga: Mengenal Yum! Brands, Sari Perusahaan dari Pizza Hut Yum! Brands selaku pemilik merek, menjual lisensi waralaba ke seluruh dunia, termasuk ke NPC International dengan mengoperasikan jaringan restoran Pizza Hut di AS.

Di Indonesia, Yum! Brands menjual lisensi waralaba Pizza Hut ke PT Sarimelati Kencana Tbk. Franchise milik Yum! Brands lainnya yang populer di Nusantara yakni KFC. Waralaba restoran yang identik dengan Kolonel Sanders dalam Indonesia ini dipegang oleh kongsi lain yakni PT Fast Food Indonesia Tbk. Waralaba restoran segera saji lain, A& W pula sebelumnya milik Yum! Brand, sebelum kemudian dijual kepada perusahaan lain, Great American Brand LLC.

Baca Juga: Waralaba Pizza Hut AS bangkrut, saham Sarimelati Kencana (PZZA) jatuh

Memburuknya kemampuan perusahaan pembeli franchise seperti dengan dialami NPC International, bisa saja berimbas pada Yum! Brands sebagai pemilik merek. Apalagi, beberapa perusahaan pemegang lisensi lain milik Yum! Brands di dalam dunia tengah di kondisi tertekan karena penutupan restoran selama Covid-19.


–> Video Pilihan gong11deng –>
WARALABA

gong11deng –>