Pelanggaran lalu lintas selama PSBB didominasi pengendara tak memakai masker

Sumber: Kompas. com | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Jumlah pelanggaran lalu lintas semasa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta dan Kota Bogor pada Kamis (16/4), masih didominasi pengendara yang tidak menggunakan masker.

Kepala Biro Pencerahan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono menyuarakan, tercatat 988 pelanggar yang tidak menggunakan masker. “Ini jajaran Polda Metro Jaya, 988 pelanggar tak menggunakan masker, ” kata Argo melalui siaran langsung di akun Instagram Divisi Humas Polri, Jumat (17/4).

Pelanggaran lainnya, pengendara motor membonceng penumpang yang tidak memiliki satu alamat KTP yang cocok sejumlah 93 kasus. Menurut Argo, jumlah tersebut menurun 24% dibanding hari sebelumnya.

Mengaji Juga: PSBB Bandung Raya, Ridwan Kamil: Rabu dini hari 22 April akan dijalankan

Kemudian, pengingkaran yang dilakukan pengendara mobil sebab melebihi setengah dari kapasitas pengikut menurun 7%. “Untuk penumpang roda empat melebihi kapasitas 50%, tersedia 303 atau menurun 7% dibandingkan hari kemarin, ” ujar Argo.

Untuk wilayah Jakarta, aturan PSBB bagi para pengendara kendaraan bermotor diatur dalam Pasal 18 Susunan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB. Penindakan untuk para pelanggar dibagi dua tahap, yaitu pengisian blanko teguran yang berisi pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya serta pemberian sanksi.

Hukuman diberikan bagi mereka yang menentang untuk kedua kalinya. Para pelanggar aturan PSBB dapat dijerat Bab 93 jo Pasal 9 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan dengan ancaman pidana penjara selama satu tahun & denda Rp 100 juta.

Baca Juga: Selama PSBB, KRL operasi pukul 05. 00-18. 00 WIB, penumpang 60 orang per gerbong

Polisi juga melakukan penertiban di wilayah Kota Enau. Namun, belum ada sanksi dengan diberikan karena masih tahap sosialisasi. “Di Kota Bogor itu telah kami lakukan kepada 58 karakter yang tidak menggunakan masker, pada motor pribadi ada 22 orang, dan angkutan umum sebanyak 48 orang, ini sudah kami menjemput, ” ujarnya.

Sebagai informasi, lima wilayah di Jawa Barat, yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Praja Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi, resmi melaksanakan PSBB secara serentak pada Rabu (15/4). (Devina Halim)

Artikel ini telah tayang pada Kompas. com dengan judul Pelanggaran Selama PSBB di DKI & Bogor Masih Didominasi Pengendara Tidak Pakai Masker.


–> Video Pilihan

–>

–>
DAMPAK VIRUS CORONA

–>