Mirae Asset Sekuritas turunkan rating MNCN dari buy jadi hold, kenapa?

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID –¬† JAKARTA. Pada Februari berserakan, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memprediksi laba bersih dengan diperoleh pada kuartal IV-2019 sebesar Rp 577 miliar.

Jumlah itu membuat akumulasi laba bersih sepanjang 2019 sebesar Rp 2, 3 triliun. Sementara itu pendapatan dalam kuartal IV-2019 tumbuh 8, 8% secara tahunan atau sebesar Rp 2 triliun.

Mirae Asset Sekuritas mengatakan bahwa proyeksi laba terang tersebut berada di atas estimasi mereka, namun proyeksi pendapatan sedang sesuai dengan estimasi mereka.

Mirae Asset Sekuritas mengestimasikan pendapatan di dalam 2019 sebesar Rp 8, 4 triliun dan laba bersih Rp 2, 14 triliun.

Baca Juga: Memasang harga iklan jadi salah utama strategi Media Nusantara Citra (MNCN) tahun ini

Meski kinerja MNCN di 2019 diproyeksikan cukup bagus, namun mendatangi akhir kuartal I-2020 Mirae Asset Sekuritas menurunkan ekspektasinya.

Analis Mirae Asset Sekuritas Christine Natasya menjelaskan tiga hal yang membuatnya menurunkan ekspektasi yaitu peningkatan tarif iklan yang konservatif, penyebaran Covid-19 dengan menghambat pertumbuhan iklan TV serta depresiasi Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat (AS) yang mempengaruhi laba.

Pada awalnya, sepanjang 2020 ini MNCN diprediksi bisa mengantongi perolehan Rp 10, 24 triliun & laba bersih Rp 2, 58 triliun. Namun karena tiga kejadian tersebut MNCN tahun ini diprediksi hanya bisa mengantongi pendapatan Rp 10, 09 triliun dan menyaruk bersih Rp 2, 43 triliun.

“Terlepas dari pandangan positif kami terhadap sektor konsumer, kami pikir beberapa perusahaan akan memotong taksiran mereka untuk beriklan di TV tahun ini, ” tulis Christine dalam risetnya yang diterima Langsung. co. id, Selasa (24/3).

REKOMENDASI SAHAM

¬†gong18deng –> TogelCC