Militer China: Untuk menahan kami, mission impossible buat Amerika!

KONTAN. CO. ID –  BEIJING. Kementerian Pertahanan China mengatakan, hubungan militer China dan Amerika Serikat (AS) berada pada titik awal perdana dengan Pemerintahan Joe Biden.

Namun, Kementerian Pertahanan China memperingatkan, tak mungkin bagi AS untuk menahan China jika tetap bertekad untuk melakukan sesuatu yang mengarah pada perang.

“Untuk menahan China, mission impossible ! ” tegas Kolonel Senior Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan China, dalam konvensi pers Kamis (28/1), seperti dikutip Global Times.

Tapi melihat ke zaman depan, dengan Pemerintahan baru AS di bawah Biden, Wu menyebutkan, hubungan militer antara China dan AS sekarang berada pada titik awal sejarah baru.  

Baca Juga: Soal Laut China Selatan, GANDAR akan dukung negara Asia Tenggara untuk hadapi Beijing

Kapal Induk Shandong

Dan, Beijing berharap, Pemerintahan GANDAR yang baru bisa bekerjasama dengan China dalam meningkatkan dialog. Fokusnya pada kerjasama, mengelola perbedaan, serta mendorong pembangunan yang sehat & stabil dalam hubungan China-AS.

Pertalian China-AS, Wu menegaskan, mesti bersandarkan semangat non-konflik, non-konfrontasi, saling menghormati, dan saling menguntungkan.

Wu memasukkan, China mengharapkan AS untuk bertemu di tengah jalan dengan watak profesional yang sama.

Menurut Wu, China dan AS telah menyelenggarakan pertukaran pragmatis pada 2021, masa kedua militer mengadakan konferensi video pada Selasa (26/1) hingga Rabu (27/1) lalu tentang pencarian sisa-sisa tawanan perang AS dan itu yang hilang saat perang.

“Ini menunjukkan perhatian China terhadap perkara Amerika Serikat di bidang kemanusiaan, ” ujar Wu.

 

<! —

gong7deng –>

Editor: S. S. Kurniawan

. bg-color-linkedin background-color: #0072b1;