Memperhatikan, orang bisa menularkan virus corona tiga hari sebelum gejala

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID – ATLANTA. Penelitian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menuturkan, orang yang terinfeksi Covid-19 memindahkan virus corona baru satu hingga tiga hari sebelum gejala mulai muncul.

Melansir Reuters , penelitian yang menggarisbawahi pentingnya jarak sosial untuk melawan pagebluk virus corona tersebut meneliti 243 kasus Covid-19 yang Singapura laporkan antara 23 Januari dan 16 Maret lalu.

CDC mengidentifikasi tujuh klaster di mana penularan pra-gejala virus corona mungkin terjadi. Hasilnya, pada empat kelompok di antaranya, penularan terjadi satu hingga 3 hari sebelum gejala muncul di pasien sumber.

Baca Juga: Bukan saja batuk kering, berikut 6 petunjuk virus corona tidak biasa

Dari kasus-kasus pada Singapura yang menjadi objek pengkajian, sebanyak 157 kasus merupakan transmisi secara lokal dan 10 di antaranya tertular virus corona sebelum gejala mulai terlihat pada penderita sumber.

Virus corona yang merembet sangat cepat telah merenggut lebih dari 43. 000 jiwa secara global, dengan hampir 4. 000 orang antara lain meninggal akibat Covid-19 di Amerika Serikat.

Hasil pengkajian yang rilis Rabu (1/4) secara online dengan tajuk Morbiditas serta Mortalitas Mingguan CDC menunjukkan, kira-kira tidak cukup bagi orang dengan menunjukkan gejala virus corona buat membatasi kontak mereka guna mengendalikan pandemi.

Baca Pula: Poker Online