Legenda film Skotlandia Sean Connery, jiwa pemeran James Bond, meninggal dunia

KONTAN. CO. ID – LONDON . Legenda hidup Skotlandia Sean Connery, yang serupa pemeran James Bond, agen Inggris yang flamboyan dan canggih meninggal dunia pada usia 90 tarikh. Demikian laporan BBC dan Sky News yang dikutip Reuters , Sabtu (31/10).

Connery dibesarkan dalam kondisi hampir miskin di daerah kumuh Edinburgh dan bekerja sebagai penggosok peti lebur, tukang susu dan penjaga miring sebelum hobi binaraga membantu pekerjaan akting dan menjadikannya salah satu aktor terbesar di dunia.

Dia dikenang pertama kali zaman memerankan sebagai agen Inggris 007 alias James Bond, karakter dengan diciptakan oleh novelis Ian Fleming.

Sebagai Bond, sikap debonair serta humor masam dalam menggagalkan penjahat dan berkoar-koar dengan wanita indah memungkiri sisi yang lebih suram dan kejam. Connery menciptakan kepribadian yang mendalam yang menetapkan penopang bagi mereka yang mengikutinya dalam peran tersebut.

Membaca Juga: Siap-siap, hidup animasi Petualangan Sherina bakal tayang tahun depan

Connery memperkenalkan dirinya dalam film dengan kalimat tanda tangan, “Bond – James Bond”. Tapi Connery tidak senang ditentukan oleh posisi itu dan pernah berkata tempat “membenci James Bond terkutuk itu”.

Tinggi dan tampan, dengan pandangan serak untuk mencocokkan kepribadian dengan terkadang kaku, Connery memainkan serangkaian peran penting selain Bond. Dia memenangkan Academy Award untuk perannya sebagai polisi Chicago yang tangguh dalam ” The Untouchables “(1987).

Dia berusia 59 tahun masa majalah People menyatakannya sebagai “pria terseksi” pada tahun 1989.

Connery adalah pendukung kuat kemerdekaan Skotlandia dan memiliki tato kata “Scotland Forever” di lengannya saat bekerja di Royal Navy. Ketika tempat dianugerahi gelar kebangsawanan pada piawai 69 tahun oleh Ratu Elizabeth dari Inggris pada tahun 2000 di Istana Holyrood di Edinburgh, dia mengenakan gaun Skotlandia sempurna termasuk rok kotak-kotak hijau-dan-hitam dari klan MacLeod ibunya.

Beberapa hidup Connery yang terkenal termasuk “Marnie” (1964) sutradara Alfred Hitchcock, “The Wind and the Lion” (1975) dengan sutradara Candice Bergen. Semrawut “The Man Who Would be King” dengan sutradara John Huston (1975) dengan Michael Caine. Dia juga main di film  secara sutradara Steven Spielberg yakni “Indiana Jones and the Last Crusade” (1989) dan kisah Perang Sejuk “The Hunt for Red October” (1990).

Connery pensiun dari film setelah berselisih dengan sutradara di dalam film terakhirnya, “The League of Extraordinary Gentlemen” pada tahun 2003.

Namun film James Bond sedang kuat lebih dari lima dekade setelah Connery memulainya. Film-film dengan diproduksi dengan boros, dikemas secara gadget berteknologi tinggi dan buntut spektakuler, memecahkan rekor box office dan meraup ratusan juta dolar.

Dalam sebuah wawancara tahun 1983, Connery menyimpulkan film Bond yang ideal memiliki “lokasi yang asing biasa, suasana yang menarik, cerita yang bagus, karakter yang mengakui, seperti cerita detektif dengan spionase dan latar eksotis dan burung yang bagus”.

Menyuarakan Juga: Letitia Wright ingin ajak Captain Marvel kalau ada film untuk seluruh superhero wanita

gong2deng –>

Editor: Khomarul Hidayat