Kenaikan harga batubara memberikan dampak tentu bagi Trans Power Marine (TPMA)

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Makna batubara kembali memanas di penghujung tahun 2020. Setelah Harga Batubara Acuan (HBA) terus menanjak naik dalam tiga bulan terakhir, akhirnya ini harga kontrak future batubara termal Newcastle sudah berada dalam level US$ 80 per ton, bahkan sempat di atas US$ 84 per ton.

Hal itu memberikan dampak positif bagi kongsi pelayaran Indonesia seperti, PT Mabuk Power Marine Tbk (TPMA) yang mencatatkan permintaan tumbuh 30% dibandingkan pada kuartal sebelumnya.

Direktur Trans Power Marine Rudy Sutiono mengucapkan, pengiriman ekspor juga menjadi menyusun dua kali lipat dari sebelumnya, dalam satu bulan pengiriman yang hanya enam kali dan sekarang meningkat menjadi 12 kali.

“Tetapi kondisi ini bersifat sementara sehingga perusahaan masih menahan untuk ekspansi kapal baru. Untuk jangka masa dekat kami memilih untuk menyewa kapal dibandingkan tergesa-gesa membeli pesawat baru, ” ujar Rudy kepada kontan. co. id, Senin (28/12).

Baca Juga: Ada sentimen positif, Mabuk Power Marine kaji rencana penambahan kapal di tahun 2021

Pada tahun pendahuluan, TPMA juga masih akan menilik kondisi ekonomi sebelum mempersiapkan pengembangan. Terlebih dengan adanya vaksin Covid-19 dan juga harga batubara dengan mulai meningkat. Rudy menyebut, dalam tahun depan perseroan juga langgeng mempersiapkan belanja modal sebesar Rp 70 miliar hingga Rp 80 miliar untuk regenerasi kapal dan perbaikan kapal

“Di tahun ajaran kami berencana akan meregenerasi kapal-kapal kami. Tetapi rencana itu bersandar kesediaan kapal yang bisa dibeli. Namun, kami menargetkan setidaknya tersedia 5 set yang bisa regenerasi, ” imbuh Rudy.

Seperti diketahui, saat ini TPMA memiliki kapal sebanyak 37 unit. Adapun 8 unit kapal difokuskan untuk suruhan ekspor.

 

DERMA, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Kamu akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai aforisme terimakasih atas perhatian Anda, ada voucer gratis senilai donasi dengan bisa digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
INDUSTRI JASA

gong9deng –>