Inspeksi: Pendapatan UMKM akan melonjak 160% jika jualan lewat e-commerce

Sumber: Kompas. com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Presiden Komisaris Sea Group Membuktikan P Sjahrir mengatakan, pendapatan rata-rata yang diterima oleh para pelaku UMKM bila berjualan melalui e-commerce akan mengalami peningkatan lebih daripada 160%. Ini berdasarkan survei dengan dilakukan pihaknya.

“Sementara untuk penambahan produktivitas penggunaan e-commerce bisa mencapai 110%. E-commerce bisa menurunkan beban operasional toko, meningkatkan produktivitas serta fleksibilitas bekerja, ” ujarnya pada temu pers yang disiarkan secara virtual, Kamis (2/7/2020).

Pandu serupa mengatakan, dalam survei itu, tersedia 70% responden yang mengakui bakal terus memanfaatkan media digital melalui e-commerce untuk berjualan dan berbelanja mulai hari ini hingga masa new normal berlangsung.

Menyuarakan Juga: Fintech P2P lending dinilai memiliki peluang untuk dorong pertumbuhan UKM

Sementara untuk jenis media yang dilakukan dalam mempromosikan jualannya berbeda-beda. Misalnya saja ada 51% responden yang meningkatkan penjualan menggunakan platfrom e-commerce, 50% meningkatkan penjualan menggunakan video streaming dan 49 persen meningkatkan penjualannya melalui pelatihan secara online.

“Untuk penjualan melalaikan e-commerce akan didominasi oleh sektor retailer, industri rumahan, makanan & akomodasi, ” katanya.

Baca Juga: Perbankan bersiap untuk memacu kredit di semester II ini

Pandu juga berpendapat kalau memanfaatkan digital untuk menunjang penjualan para UMKM bukanlah hal yang mudah. Selama Pandemi Covid-19 UMKM akan memiliki hambatan-hambatan dalam mengaplikasikan digital untuk penjualannya seperti minimnya pengetahuan, sulitnya mereka bekerja daripada rumah hingga tidak memiliki permodalan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda hendak menambah semangat kami untuk menampilkan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
UMKM

gong13deng –>