Ini lah 50 Produk Reksadana Ciamik secara Reputasi Baik

KONTAN. CO. ID berantakan JAKARTA.   Investasi reksadana cocok bagi para investor jalan. Reksadana juga instrumen investasi yang cocok  mereka yang ogah kalut serta tak punya waktu buat terus menerus memantau portofolio. Serahkan saja kepada manajer investasi, & Anda tinggal menerima imbal hasil yang diharapkan memadai.

Namun, akhirnya, mendung membayangi industri reksadana. Tahun ini, misalnya, kepercayaan investor terhadap produk reksadana dinodai oleh kasus megakorupsi Jiwasraya. Kasus tersebut mengganjur pula beberapa manajer investasi.

Industri reksadana juga terdampak pandemi corona. Di seluruh dunia, berlaku perlambatan ekonomi. Investor global yang cemas, menghindari aset berisiko, jadi kinerja pasar modal jeblok. Kejadian ini jelas menyeret pula kinerja reksadana yang berbasis saham.

Baca Juga: Intip saham-saham dengan banyak dikoleksi asing pada perniagaan Jumat (23/10)

Nah, sebagai investor, Anda tentu membutuhkan rekomendasi reksadana apa sekadar yang layak dikoleksi, terutama dari rekam jejak kinerja dan reputasi yang baik, dalam arti tidak terlibat skandal.

Untuk itulah, saya menyajikan penghargaan reksadana 2020 menggunakan Bareksa-KONTAN-OVO Fund Awards 2020.

Penghargaan produk reksadana, dari awal berdasar pada 20 perusahaan manajer investasi terbesar berdasar dana kelolaan. Keluaran yang dinilai, harus menerapkan good corporate governance , salah satunya adalah transparansi, sehingga investor tahu pasti portofolio sebab reksadana yang bersangkutan.

Ada 50 produk reksadana dari berbagai jenis yang mendapat penghargaan ini. Buat periode 1 tahun, misalnya, ada produk reksadana pasar uang dengan mencatat kinerja dan reputasi memutar baik, misalnya Danareksa Seruni Pasar Uang III (mencatat sharpe ratio 7, 81).

Pada kategori masa 3 tahun dengan dana kelolaan Rp 100 miliar sampai Rp 999 miliar, ada Manulife Obligasi Unggulan (sharpe ratio 0, 57).

Adapun produk Syailendra Dana Simpanan menempati peringkat 1 untuk reksadana pasar uang periode 3 tahun, dengan dana kelolaan di atas Rp 500 miliar. Sharpe ratio produk ini tercatat 7, 24. Reksadana   Sucorinvest Equity Fund menduduki peringkat 1 produk reksadana saham periode5 tahun dengan derma kelolaan di atas Rp satu triliun (sharpe ratio 0, 46).

Nah, apa saja produk asing yang masuk dalam peringkat tersebut? Ikuti Edisi Khusus Reksadana LANGSUNG edisi Oktober 2020.

–>

Editor: Hendrika