Erick Thohir: Aspek kesehatan dan ekonomi perlu berjalan seiring di masa Covid-19

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Pandemi Covid-19 mengubah segalanya, mulai dari jalan bekerja dan bagaimana mengelola usaha. Tak hanya sektor swasta, perusahaan BUMN pun terdampak.

Karena tersebut, dalam situasi tak normal serta penuh tantangan akibat Covid-19, seluruh pihak dituntut untuk menjadi bertambah adaptif, juga melakukan berbagai terobosan out of the box agar ekonomi pulih.

Menteri BUMN Erick Thohir, menyampaikan, dampak pandemi Covid-19 terasa ke seluruh dunia, ini terjadi karena semua negara, perusahaan, daerah ekonomi, telah terkoneksi dalam jaringan global. Sementara akibat Covid-19, semua dituntut menjaga jarak yang melahirkan ekonomi menjadi lambat.  

Baca Juga: Rupanya, ini alasan mengapa Erick Thohir sempat beli klub Inter Milan

Sebab itu, langkah pemerintah untuk tidak mengambil kebijakan ‘lock down’ telah tepat dengan tujuan menyeleraskan aspek kesehatan dan ekonomi. Sehingga, pada kuartal pertama ekonomi Indonesia sedang tumbuh 2, 9% sementara sejumlah negara lain di periode cocok ada yang sudah minus maka 17%.  

Dengan kebijakan new normal dibarengi menerapkan protokol kesehatan, Erick berharap ekonomi bisa semakin berputar. Erick optimistis, dalam kira-kira bulan ke depan, ekonomi bakal kembali pulih di kisaran 50% dan akan kembali normal 100% setelah vaksin ditemukan.

“Ekonomi kudu mulai bergerak, dan kita yakini dalam beberapa bulan ke pendahuluan, maksimal ekonomi 50% akan balik. Saat ini juga menjadi tantangan, melakukan adaptasi, berusaha mencari, mendapatkan uang tapi cost efisiensi serupa dilakukan. Namun, ada banyak pekerjaan baru akibat Covid-19, yaitu digitalisasi, semua dipaksa berubah dalam waktu sesingkat-singkatnya, ” ujar Erick, di acara Let’s Talk From Home di aplikasi Maxstream yang dipandu artis Sophia Latjuba dan Gading Martin, dikutip Selasa (21/7).

Erick tak memungkiri, dampak Covid-19 juga terasa ke perusahaan BUMN. Pra Covid-19, di periode Februari 2020, ia masih optimis BUMN mau mampu memberi dividen besar ke negara.

Baca Pula: Menteri Erick jadi koordinator pemulihan ekonomi, ambil mutasi Kemenko Ekonomi?

DONASI, Sanggup Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk mempersembahkan artikel-artikel yang berkualitas dan berguna.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
BUMN

gong13deng –>