Duh, angka kemiskinan diramal bisa tembus 12% akibat wabah corona

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID –   JAKARTA. Pemerintah memperkirakan angka kemiskinan bisa kembali meningkat karena imbas daripada Covid-19. Meski belum bisa meyakinkan berapa peningkatan Covid-19 ini, angka kemiskinan diperkirakan bisa kembali menyerbu 10% hingga 12% pasca Covid-19.

“Kami mengantisipasi bahwa jumlah puak miskin nanti pasca Covid-19 ini kemungkinan bertambah. Ada beberapa institusi survei yang mengatakan menjadi 10 sekian persen. Ada bahkan dengan agak ekstrem menjadi 12%. Siap saya kira, saat ini kami belum bisa memberikan angka pastinya karena ini masih berjalan, ” ujar Menteri Sosial Juliari Batubara dalam konferensi pers, Jumat (8/5).

Baca Juga: Kadin nilai tidak ada sektor bisnis yang aman daripada pandemi virus corona

Menurut Juliari, pemerintah sedang terus melakukan penghitungan, apalagi program-program jaring pengaman sosial masih langsung berjalan.

Hal senada pun disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Menurut dia, meski ada perkiraan angka kemiskinan, tetapi sampai saat ini pemerintah terus mencari jalan mendata seperti apa angka kemiskinan yang muncul dari Covid-19 ini.

“Kita sedang dalam proses menerbitkan data-data langsung dari bawah, menggunakan RT/RW, untuk kita himpun beriringan, nanti kita olah menjadi bagian dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), ” ujar Muhadjir.

Karena itu, dia mengatakan saat itu pemerintah tak hanya mengandalkan masukan DTKS dalam menjalankan program-program sandaran sosial. Menurutnya, data-data masyarakat yang terdampak Covid-19 terus dihimpun mulai dari musyawarah desa, ke Kabupaten/Kota hingga ke Kementerian Sosial.

Baca Juga: Karena corona, OCBC NISP bakal pangkas target kredit

Adapun, berdasarkan catatan Pranata Pusat Statistik (BPS), hingga September 2019 jumlah penduduk miskin dalam Indonesia sudah mencapai 9, 22%. Angka ini turun 0, 44% dari September 2018.

Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih untuk perhatian Anda, tersedia voucer percuma senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
PENGARUH VIRUS CORONA

gong13deng –>