Djasa Ubersakti (PTDU) menimbang untuk merodok proyek infrastruktur

Reporter: Kenia Intan | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Bursa Efek Indonesia (BEI) kedatangan penghuni baru PT Djasa Ubersakti Tbk (PTDU), Selasa (8/12). Emiten yang bergerak di bidang konstruksi serta perusahaan holding itu melepas 300 juta saham atau setara 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Harga penawaran saham perdana PTDU dipatok Rp 100. Dengan demikan, total dana segar dengan berhasil dikantongi emiten ke-47 dengan melantai di BEI itu mencapai Rp 30 miliar.

Mengutip prospektusnya yang diunggah di website BEI, PTDU akan memanfaatkan dana dengan dihimpun untuk membayar utang ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) maka Rp 5 miliar atau selaras 16, 66%. Di samping itu, sebesar 44% lainnya atau setimpal Rp 13, 2 miliar untuk pembelian alat dalam rangka peremajaan alat. Sisanya, akan dimanfaatkan buat modal kerja dalam rangka membantu kegiatan operasional perusahaan.

“Dengan piawai perusahaan yang sudah 49 tarikh, IPO adalah stimulus untuk bertransformasi menjadi perusahaan yang lebih berisi dan terpercaya. IPO akan meningkatkan nilai korporasi dan menjaga keseimbangan bisnis dalam jangka panjang, ” jelas Direktur Utama PT Djasa Ubersakti Tbk Heru Putranto di acara seremoni virtual pencatatan perdana saham Djasa Ubersakti yang dikerjakan pada Selasa (8/12).

Baca Juga: BEI: Sembilan perusahaan dengan aset tumbuh akan IPO di akhir tarikh ini

Heru meyakini, strategi penawaran umum pertama saham atau initial public offering (IPO) akan memperkuat langkah PTDU dalam masa mendatang. Apalagi, kondisi ekonomi di tahun 2021 diprediksi akan lebih baik dibandingkan saat ini.

“PTDU sangat siap menangkap peluang pertumbuhan tersebut, ” ungkapnya dalam kesempatan yang sama.

Asal terang saja, selain menggarap proyek-proyek gedung, PTDU juga berencana menggarap proyek-proyek infrastruktur dan investasi. Oleh karenanya, PTDU membuka peluang untuk menjalankan jasa konstruksi di bidang ulama raya, jalan tol, terminal, tata cara irigasi, bendungan, pelabuhan, jembatan, serta bandara. Tidak hanya itu, PTDU berupaya menggerakan kembali bidang patra dan gas.

Dengan keberagaman macam proyek yang dikerjakan, PTDU meminta, strategi ini dapat memperbesar jalan pendapatan perusahaan ke depan. Wakil Direktur Utama Rama Adiwena melahirkan, langkah ini mempertimbangkan geliat ekonomi ke depan yang dipacu proyek-proyek pemerintah. Oleh karenanya, PTDU hendak masuk ke sektor-sektor infrastruktur dengan dibiayai oleh pemerintah.

Langkah itu semakin mantap mempertimbangkan Fitch Solutions Country Risk & Industry Research yang memprediksi pertumbuhan sektor konstruksi Indonesia pada 2020 masih menunjukkan angka positif, yaitu 2, 1%. Adapun proyek infrastrukutur yang tertunda tahun ini akan dialihkan tahun depan. Di sisi lain, pemerintah juga mengalokasikan dana sebesar Rp 56, 5 triliun dalam APBN 2021 untuk digunakan dalam buram pemulihan ekonomi pasca pandemi virus Covid-19.

Strategi ini mulai menjukkan titik terang. PTDU saat tersebut telah mengantongi proyek-proyek APBN senilai kurang lebih Rp 180 miliar. Kontrak ini dikantongi bulan Desember 2020 dan akan dikerjakan pada tahun 2021.

” Kami langsung berupaya dan mengikuti tender-tender. Kami optimistis  bisa mencapai target dengan diproyeksi kurang lebih Rp 500 miliar, ” ungkap Rama kepada Kontan. co. id, ketika dihubungi secara terpisah, Rabu (9/12).

Adapun proyek yang telah dikantongi itu beragam, seperti pembangunan terminal, kampus, maupun dermaga. Di antara ketiganya, pembangunan dermaga merupakan proyek yang digarap dengan pihak swasta yang telah memiliki reputasi teruji kapasitasnya. Di tengah kondisi pasar yang dibayang-bayangi pandemi Covid-19, PTDU benar lebih berhati-hati dalam menerima order. PTDU pun memiliki komite internal khusus untuk melakukan seleksi tempat proyek-proyek swasta yang dibidik.

Baca Juga: Melantai di BEI, Djasa Ubersakti (PTDU) akan memakai dana IPO untuk peremajaan alat

SOKONGAN, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami buat menyajikan artikel-artikel yang berkualitas & bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, ada voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
EMITEN

gong9deng –>