BPS: Harga beras grosir dan eceran naik tipis di April 2020

Reporter: Bidara Pink | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Harga beras grosir & eceran meningkat pada bulan April 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, harga beras grosir meningkat 0, 11% secara bulanan atau month on month (mom) dan kehormatan beras eceran meningkat 0, 18% mom.

Peningkatan ini lebih tinggi tipis daripada peningkatan rata-rata makna beras grosir dan eceran di bulan Maret 2020 yang per sebesar 0, 10% mom dan 0, 15% mom.

“Meningkatnya sedikit banget, bisa dibilang normal. Dan karena peningkatan harga tersebut, beras eceran memberi kontribusi pada inflasi April 2020 sebesar 0, 01%, ” kata Kepala BPS Suhariyanto, Senin (4/5).

Baca Juga: Ada potensi 115 juta kelas menengah yang rentan jatuh miskin

Suhariyanto menambahkan, bahwa harga beras secara keseluruhan hingga kamar lalu masih dalam level tersem-bunyi. Ini disebabkan oleh Indonesia dengan sudah masuk masa panen umum dan cadangan beras di Bulog juga masih memadai.

Dengan memadainya stok beras tersebut, maka zaman ini yang perlu dilakukan merupakan menjaga kelancaran distribusi beras agar mencukupi permintaan masyarakat dan tak membuat melambungnya inflasi dalam produk ini.

Hal ini bisa dikerjakan dengan memastikan proses distribusi memadai, terutama dari daerah-daerah sentra produksi yang mengalami surplus beras ke daerah-daerah non sentra produksi.

Baca Juga: Pemerintah percepat bansos bagi bangsa terdampak pandemi

“Daerah-daerah sentra produksi seperti Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatra Selatan. Sebaiknya diperhatikan distribusi dari daerah tersebut, ” tambah Suhariyanto.

Lebih lanjut, dengan terjaganya arus distribusi tersebut, Suhariyanto berharap harga beras bisa tetap dan tidak menimbulkan inflasi di bulan-bulan berikutnya.

Dukungan dari Anda akan menaikkan semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat sesuai ini.

Jika suka, silakan manfaatkan fasilitas donasi dibawah ini.

–> Video Pilihan gong15deng –>
BERAS

gong15deng –>