BKF: Pemerintah proyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun 2020 sekitar -1, 1% sampai 0, 2%

Reporter: Venny Suryanto | Publisher: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 diprediksi akan lebih lemah seiring perkembangan Covid-19 yang masih terus bertambah.  

Febrio Kacaribu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) mengatakan, pemerintah telah merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi di tahun 2020 yakni -1, 1% sampai 0, 2%.  

Baca Juga: BKF masih yakin pertumbuhan ekonomi bakal membaik di kuartal III

“Ini memang harus didorong terus terutama yang mungkin akan bisa positif sampai akhir tahun itu terkadang hanya pengeluaran pemerintah. Sehingga pengeluaran pemerintah harus digenjot seefektif mungkin, ” jelas Febrio dalam konferensi daring, Rabu (19/8).  

Adapun di tahun 2021, pemerintah juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia jadi tumbuh 4, 5% sampai dengan 5, 5%.  

Dengan demikian, Febrio bilang, belanja negara buat eksekusi program pemulihan ekonomi nasional (PEN) akan terus dioptimalkan sesuai dengan outlook defisit APBN 2020 yakni 6, 34% dari PDB.  

Baca Juga: Siap-siap! BI sebut kredit kendaraan bermotor ramah lingkungan bakal bebas DP

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih arah perhatian Anda, tersedia voucer tidak bermodal senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong17deng –>
PERTUMBUHAN REDOVISNING

gong17deng –>