Benarkah Palestina dihapus dari Google Maps?

Sumber: Kompas. com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN. CO. ID – Tel Aviv. Jagad media sosial rusuh dengan penghapusan label Palestina sebab peta online milik Google dan Apple  sejak Sabtu (18/7/2020). Hingga Minggu (19/7/2020), Netizen Indonesia tetap meramaikan tuduhan penghapusan label Palestina dari peta Google dan Apple tersebut. Taggar #savePalestine pun menjelma trending di Indonesia.

Benarkah Om google dan Apple menghapus label Palestina dari peta online mereka. Dilansir dari The Independent, Sabtu (18/7/2020), sejak awal kedua raksasa teknologi tersebut tidak memberikan label Palestina terhadap peta online.

Bila mengaduk-aduk Palestina di Apple Maps maupun di Google Maps, akan menjelma teritorial Jalur Gaza dan Bibir Barat namun tidak akan muncul label Palestina.

Baca juga:   Jangan beli sepeda Brompton ini, laporkan polisi saja!

Dilansir dari The Independent, tuduhan penghapusan Palestina dari peta online tersebut nampaknya berasal lantaran pengguna Instagram Astagfirvlah pada Rabu (15/7/2020). Sejak saat itu, pembaruan informasi pada postingan tersebut tetap disematkan dan menyatakan informasi tersebut adalah informasi yang salah.

Namun informasi tersebut kadung meluas pada media sosial dan semakin menjalar. Perbincangan di media sosial menjelma ramai dan banyak netizen menduga Google dan Apple mendukung pendudukan Israel.

Palestina diakui oleh Bon Bangsa (PBB) dan 136 anggotanya sebagai negara merdeka. Indonesia tercatat negara yang mengakui kemerdekaan Palestina.

Baca juga:   Perwira TNI AD ini cetak rekor di King’s College London

Namun Amerika Serikat ( AS), tempat Apple dan Om google berkantor pusat, tidak mengakui Palestina sebagai negara yang merdeka. Google tidak segera menanggapi permintaan ucapan terhadap tuduhan terbaru tersebut.


–> Video Pilihan gong9deng –>
PALESTINA

gong9deng –>