Bank sentral Thailand pangkas suku bunga 25 bps ke 0, 50%

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID –  BANGKOK . Bank of Thailand (BOT) pangkas suku bunga acuan untuk ketiga kalinya di tahun ini. Alhasil, bank sentral Thailand tersebut mencetak tangga terendah baru pada suku bunga setelah mengumumkan kebijakan tersebut di dalam Rabu (20/5).  

Komite kebijaksanaan moneter BOT memberikan suara 4 banding 3 untuk memotong suku bunga 25 basis poin menjelma 0, 50%. Ini menjadi pemangkasan kelima sejak Agustus 2019 kelam.  

Pemotongan suku bunga menjadi jalan terakhir bagi Thailand dengan diterpa perlambatan aktivitas bisnis akibat pandemi virus corona. Selain mengambil bisnis, pandemi virus corona selalu membuat industri pariwisata dari ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara ini kontraksi.  

Baca Juga: Pura Asia beragam, menanti rilis suku bunga acuan China

Baca Juga: Gara-gara virus corona, ekonomi Thailand kontraksi 1, 8% di kuartal I-2020

Pemangkasan suku bunga tersebut sudah sesuai dengan hasil jajak pendapat yang dilakukan Reuters . Di mana 16 & 18 ekonom memperkirakan BOT bakal pemotong suku bunga 25 bps.  

Sementara dua ekonom lainnya, menebak bank sentral Thailand tersebut tetap mempertahankan suku bunga tumpuan di level 0, 75%.  


–> Video Pilihan

–>

–>
SUKU BUNGA

–>