6 Tempat berisiko tinggi penularan virus corona mengacu WHO, hindari!

KONTAN. CO. ID –  Bagaimana biar terhindar dari  penularan virus corona baru? Sistem Kesehatan Dunia (WHO) memberi arahan: hindari 3C.

Menurut WHO, Kamu harus menghindari ruang yang tertutup ( closed ), ramai ( crowded ), atau melibatkan kontak dekat ( close contact ).

WHO mengungkapkan, wabah virus corona dilaporkan terjadi tempat-tempat orang berhimpun, yang sering kali mereka berbahasa dengan keras, berteriak, bernapas berat, atau bernyanyi, yakni:

  • restoran
  • wadah latihan paduan suara
  • kelas kebugaran
  • klub malam
  • dewan
  • tempat ibadah

Baca Juga: Spesialis kesehatan ini beri peringatan: Long Covid bisa menjadi pandemi di pandemi

“Risiko tertular Covid-19 lebih tinggi pada ruang yang ramai dan tidak berventilasi memadai, tempat orang dengan terinfeksi menghabiskan waktu lama berhubungan dalam jarak yang dekat, ” kata WHO di laman resminya.

Lingkungan tersebut, lembaga di kolong naungan PBB itu menyebutkan, ialah tempat virus corona menyebar melalaikan tetesan pernapasan atau aerosol secara lebih efisien. Jadi, tindakan pencegahan jauh lebih penting.

Kalau sungguh harus bertemu banyak orang, WHO menyarankan, lakukan itu di sungguh ruangan. Pertemuan di luar ruangan lebih aman dibanding di ruangan, terutama ruangan kecil & tanpa udara luar masuk.

Wajib mematuhi masker selama berada di ruangan

Tetapi, WHO bilang, jika Anda tidak bisa, maka lakukan tindakan pencegahan dengan membuka jendela. “Tingkatkan jumlah ventilasi alami saat berada di dalam ruangan, ” perkataan WHO.

Baca Selalu: Mana lebih tertib, pakai satu atau dua kedok untuk cegah corona? Ini taat para ahli

<! —

gong2deng –>

Editor: S. S. Kurniawan

. bg-color-linkedin background-color: #0072b1;